Tata Cara Bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid Dengan Sempurna

Tata Cara Bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid Dengan Sempurna - Apabila seseorang baik itu laki-laki atau perempuan memiliki hadats besar baik itu karena bermimpi basah, junub, sesudah haid atau nifas, maka kewajiban dia segera untuk membersihkan hadats tersebut dengan cara mandi wajib atau yang di sebut juga dengan adus mandi besar. Dalam pelaksaannya, mandi ini memiliki tata cara khusus yang berbeda dengan pada umumnya yaitu harus di awali niat dan seluruh tubuh terbasuhi air dengan bersih.

Akan tetapi dalam pembahasan ini kami tidak akan membahas semuanya, karena sebagaimana yang tercantum pada judul, hanya akan menguraikan bagai mana niat mandi wajib haid yang khsus bagi perempuan. Perlu di ketahui bagi seluruh wanita bahwasanya mengetahui semua hal yang berkaitan dengan haid adalah suatu keharusan karena karena sudah menjadi fitrah bagi semua wanita, dan haid ini juga merupakan salah satu hal yang bisa menghalangi peribadahan jika tidak memahami hukum-hukum yang berkaitan dengannya.

Haid adalah suatu darah yang kebiasaan keluar dari rahim paling atas perempuan yang sudah baligh dan dewasa menurut pandangan islam dan keluar di waktu-waktu yang tertentu yang keluarnya bukan karena penyakit atau melahirkan dan dengan batasan waktu tertentu yaitu waktu paling sedikit sehari semalam, sedangkan pada umumnya selama enam hari atau tujuh hari, tetapi untuk batas maksimalnya selama lima belas hari lima belas malam, setelah selesai haid maka di segerakan untuk mengerjakannyaa, untuk niat doa mandi wajib setelah haid dan tata caranya yang betul dalam bahasa arab dan latin yang benar menurut islam terutama setelah berhubungan suami istri adalah sebagi berikut.

Tata Cara Bacaan Niat Mandi Wajib Setelah Haid Dengan Sempurna

Niat Mandi Wajib

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

  • Nawaitul Ghusla Lirof'i Hadasil-Haidi Lillahi Taala
  • Artinya :
  • Saya Niat Mandi Untuk Menghilangkan Hadast Haid Karena Alloh Taala

Terutama saat haid tersebut datang pada bulan puasa ramadhan, maka harus lebih terjaga lagi, dalam segala halnya, seperti yang kita tahu bulan ramadhan ini selain bulan suci tetapi datangnya setahun sekali.

Pada dasarnya mandi wajib ini tidak jauh berbeda dengan yang lainnya misalnya niat mandi nifas cuma hanya niatlah yang berbeda, memang niat ini selalu menjadi sebuah perbedaan yang menonjol antara satu ibadah dengan ibadah yang lainnya begitu juga dalam hal ini.
Itulah pembahasan yang dapat kami sajikan tentang niat mandi wajib Setelah Haid semoga menjadi sebuah pengetahuan bagi kita semua dan mudah-mudahan bermanfaat.