Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Jenazah Mayit Laki Laki Dan Perempuan

Sholat jenazah mayit adalah ibadah sholat yang di kerjakan ketika ada orang meninggal dunia, hukum dari pelaksanaannya adalah fardhu kifayah dalam arti wajib dikerjakan meski hanya oleh satu orang dan berdosa jika sama sekali tidak ada yang melakukannya. Tingginya mayoritas umat islam indonesia sekarang ini, rasanya tidak mungkin apabila ada saudara seagama yang meninggal dunia baik itu laki-laki atau perempuan sampai tega tidak melaksanakan sholat jenazah dengan berjamaah, apalagi umat islam jaman sekarang sudah sangat pintar-pintar dalam hal agama.

Bagiorang tua di wajibkan untuk mengajarkan anaknya sejak dini agar mengenalkan sholat jenazah dengan baik terutama dari sisi tata cara niat sholat jenazah dan bacaannya. Sebab meskipun pada dasarnya sama-sama di sebut sholat namun dalam pelaksanaannya berbeda dengan sholat pada umumnya yang biasa di lakukan. Perbedaan sholat jenazah tersebut bisa di pahami dari tidak terdapatnya ruku, sujud, serta tasyahud awal akhir serta tidak ada yang namanya duduk di antara dua sujud. Bahkan dari sisi bacaan pun sholat ini sangat jauh berbeda dengan sholat sunnah atau fardhu lima waktu.

Waktu pelaksanaan sholat jenazah sendiri di kerjakan setelah mayit di mandikan dan di kafani, jika ada saudara muslim yang meninggal dunia maka masyarakat yang ada di sekitar serta keluarganya membersihkan atau memandikan mayit tersebut, jika yang meninggal laki-laki ebih utama di mandikan oleh laki-laki lagi, begitu juga untuk perempuan. Serta memandikannya jangan lupa untuk di pimpin oleh orang yang paham terhadap tata cara memandikannya, jika sudah selesai langsung di kafani sesuai yang telah di tentukan dalam syariat agama serta langsung di lakukan sholat jenazah.

Niat Sholat Jenazah

Orang yang akan melaksanakan sholat jenazah hendaklah memakai pakaian bersih, serta suci dari hadas kecil dan besar, atau jangan lupa untuk berwudhu terlebih dahulu. Selain itu jika sholat tersebut memungkinkan untuk berjamaah maka usahakan di pimpin oleh seorang imam yang paham terhadap agama seperti halnya ustadz atau kiyai setempat, namun jika sama sekali tidak ada orang maka sholat jenazah di lakukan sendiri saja. Sedangkan bagi kalian yang belum paham terhadap tuntunan tata cara sholat jenazah, bisa langsung simak di bawah ini.

Tata Cara Sholat Jenazah

Untuk posisi mayit yang akan di sholati, terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama namun Imam Bujairamy dalam kitab Hasyiyatul Bujairami ‘alal Khathîb mengutif bahwa untuk mayit laki-laki di letakan bagian kepalanya sebelah kiri imam adapun perempuan dan khunsa kepalanya di letakan sebelah kanan imam. Tetapi ada juga yang sudah membiasakan meletakan posisi mayit kepalanya baik laki-laki atau perempuan di sebelah kanan imam, tidak mengapa sebenarnya karena kebiasaan ini tidak ada larangan.

Adapun untuk posisi orang yang menshalati yaitu jika di berjamaahkan maka seorang imam posisinya berada di samping kepala mayit jikamayitnya laki-laki, sedangkan apabila mayit perempuan dan khunsa posisinya di samping pantat, ketentuan ini juga berlaku kepada orang yang akan menshalati jenazah secara sendiri. Memang meskipun sholat ini bisa di bilang lebih ringkas dan seakan mudah di laksanakan, tetapi terdapat aturan-aturan yang harus di penuhi dalam pelaksanaannya dan semuanya tersebut wajib di pahami oleh setiap umat islam.

Pertama yang harus di lakukan dalam tata cara sholat jenazah yaitu membaca niat saat takbiratul ihram di lanjut dengan membaca surat fatihah, lalu takbir di sunnahkan sambil mengangkat kedua tangan selanjutnya membaca sholawat nabi, kemudian takbir lagi lalu membaca doa dan takbir lagi lalu membaca doa lagi, terakhir di tutup salam. Semua pelaksanaan sholat di lakukan dengan cara berdiri.

Niat Sholat Jenazah Perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'ala haadzal mayyitati arba'a takhbirotin fardhol kifaayati ma'muman lillahi taala

Artinya : Saya niat sholat atas mayit perempuan ini empat kali takhbir fardhu kifayah karena menjadi ma'mun karena allah taala

Niat sholat Jenazah Laki-Laki

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'alaa haadzalmayyiti arba'a takhbiraatin fardhol kifaayati ma'muman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat atas mayit ini empat kali takhbit fardlu kifayah karena menjadi ma'mun karena alloh taala.

Perlu Kita ketahui bahwa niat di atas adalah jika kita menjadi ma'mun, maka jika menjadi imam maka lapadz ma'muman di ganti menjadi imaaman, seperti contoh di bawah ini.

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'alaa hadzal mayyiti arba'a takhbirotin fardhu kifayatin imaaman lillahi taala

Artinya : Saya niat atas mayit ini empat kali takhbir fardlu kifayah menjadi imam karena allah ta'alaa

Niat Untuk Mayit Anak Laki-Laki

اُصَلّىْ عَلىَ هَذَا مَيِّتِ الطّفْلِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ مَأمُوْمًا/اِمَامًا لِلهِ تَعَالىَ

Usolli 'ala hadzal mayyiti tifli arba'a takhbirotin fardhu kifayatin ma'muman/imaaman lillahi ta'alaa

Artinya : Aku niat mengerjakan sholat atas mayit anak laki-laki ini empat kali takhbiran sebagai ma'mum/imam karena allah taalaa.

Niat Untuk Jenazah Anak Perempuan

اُصَلّىْ عَلىَ هَذِهِ مَيِّتَةِ الطّفْلَةِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ مَأمُوْمًا/اِمَامًا لِلهِ تَعَالىَ

Usolli 'ala hadihil mayyitati tiflati arba'a takbirotin fardhu kifayati ma'muman/imaman lillahi ta'alaa

Artinya: Aku niat mengerjakan sholat atas mayit anak perempuan ini empat kali takhbiran fardu kifayah sebagai ma'mum/imam karena allah ta'alaa.

Bacaan Shalawat Nabi

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّد

Allahumma Shalli 'alaa Muhammad

Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi Muhammad

Bacaan Doa Setelah Takbir Ke 3

Untuk Mayit Laki-Laki

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلَهٗ وَارْحَمْهُ وَعَافِهٖ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa'afihi wa'fuanhu

Umtuk Mayit Perempuan

اللهم اغفرلها وارحمها وعافها واعفوعنها

Allahummaghfirlaha warhamha wa'afiha wa'fuanha

Artinya : Ya Allah, ampunilah dia, berilah rahmat dan sejahtera dan maafkanlah dia.

Bacaan Doa Setelah Takbir Ke 4

Untuk Mayit Laki-Laki

اَللّٰهُمَّ لاَتَحْرِمْنَااَجْرَهٗ وَلاَتَفْتِنَّ بَعْدَهٗ وَاغْفِرْلَنَاوَلَهٗ

Allaahumma laa tahrimnaa ajrohuu walaa taftinna ba’dahuu waghfirlanaa walahuu

Untuk Mayit Perempuan

Allaahumma laa tahrimnaa ajrohaa walaa taftinna ba’dahaa waghfirlanaa walahaa

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mulai dari bacaan niat sholat jenazah sampai dengan salam maka sholat tersebut selesai di lakukan dengan sempurna, tetapi alangkah lebih utama apabila langsung mendoakan mayit di pimpin oleh imam jika di berjamaahkan. Selanjutnya para jamaah jangan langsung pulang namun bersama-sama di anjurkan mengiringi mayit tersebut ke pemakaman hingga selesai. Mempelajari pembahasan mengenai sholat jenzah sangat penting sekali mengingat hukumnya sebagai fardhu kifayah.

Sampai disini sudah lebih dari cukup untuk memahami semua tentang niat sholat jenazah serta yang lainnya, namun jika memang masih di rasa kurang alangkah baiknya jika di pelajari lebih jauh semua yang ada kaitannya dengan bacaan doa pendek tata cara niat sholat jenazah setelah mayit anak bayi laki laki dan perempuan takbir ke 4, takbir ke 3, sesuai sunnah dan lain sebagainya. Tetapi di sarankan untuk memahami lebih jauh tentang hal ini, sebaiknya bertanya langsung kepada kiyai atau ustdz terdekat agar ilmu yang di dapatkan nanti berasal dari sumber terpercaya.