Lafadz Niat Puasa Sunnah Arafah Dan Tarwiyah 9 Dzulhijjah 2018 Sebelum Idul Adha

Bulan dzulhijjah menjadi waktu yang disambut kedatangannya oleh semua umat muslim, karena pada saat tersebut akan terjadi beberapa momen penting yang tidak mungkin terjadi pada bulan lain yaitu adanya aktivitas pelaksanaan ibadah haji dan lebaran hari raya idul adha serta penyembelihan hewan kurban. Bagi yag sedang berhaji kegembiraan bulan dzulhijjah sangat bisa di rasakan karena selain bisa berkunjung ke tempat suci juga bisa melaksanakan salah satu dari rukun islam dan tentunya mendapatkan pahala cukup besar.

Tetapi bagaimana bagi orang yang tidak bisa berangkat haji apakah kebahagiaan hanya bisa di rasakan saat idul adha dan qurban saja. Tentunya tidak karena bagi yang tidak bisa mengerjakan haji sudah di sediakan berbagai amalan yang tidak kalah besar pahalanya apabila di laksanakan yaitu puasa sunnah sebelum idul adha termasuk arafah dan tarwiyah. Puasa sunnah yang ada pada bulan ini memiliki keunggulan dan keutamaan sangat istimewa sehingga bagi yang tidak pergi haji harus senantiasa mengerjakannya.

Meskipun puasa sunnah sebelum idul adha termasuk yang di istimewakan, bukan berarti dalam tata cara atau pelaksanaannya berbeda. Karena tetap sama mulai dari di malam harinya membacakan niat seperti halnya ketika melakukan niat puasa qadha serta di awali sejak terbitnya fajar hingga terbenam matahari. Lalu berapa hari puasa idul adha di laksanakan yaitu bisa di mulai sejak tanggal 1 dzulhijjah, namun jika tidak memungkinkan maka usahakan puasa 2 hari tanggal 9 dan 8 nya.

Lafadz Niat Puasa Sunnah Arafah Dan Tarwiyah 9 Dzulhijjah 2018 Sebelum Idul Adha

Sementara untuk pahala atau yang populer dengan sebutan keutamaan dan manfaat dari puasa arafah sebagaimana tercantum dalam salah satu hadits yang menjelaskan bahwa untuk puasa arafah akan di berikan keuntungan berupa pengampunan dosa selama 2 tahun dan untuk tarwiyah 1 tahun. Tentu pahala ini sangat tinggi sekali karena coba pikirkan berapa banyak dosa yang telah di perbuat selama 3 tahun baik itu yang di senagaja atau tidak di sengaja dan hanya cukup melaksanakan puasa 2 hari saja untuk menghapusnya.

Lalu bagaimana bagi orang yang memiliki hutang puasa wajib bulan ramadhan atau qadha puasa? dalam hal ini setelah kami membaca dari beberapa sumber, ternyata bisa juga di satukan niat qadha dan sunah arafah tarwiyah bahkan orang yang melakukannya akan mendapat dua keuntungan yaitu pahala puasa sunnah dan qadha. Akan tetapi dalam hal qadha jangan sampai di nanti-nantikan harus di segerakan misalnya menunggu lagi puasa di bulan sya'ban dan yang lainnya. Untuk niat puasa arafah tarwiyah coba lihat pada bagian bawah.

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri dzilhijati sunatan lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Hari Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Sunah Mulai Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah

Niat Puasa Hari Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma 'arofata sunnatan lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

Sebenarnya pembahasan mengenai niat puasa arafah dan tarwiyah cukup panjang apabila harus di jelaskan beserta dalil hadits hukumnya secara lengkap, bahkan akan bisa menghabiskan waktu cukup lama. Supaya biar terlalu jenuh terutama bagi penulis maka kami sambung pada artikel lain yang masih berhubungan dengan lafadz niat puasa sunnah arafah dan tarwiyah 8, 9 dzulhijjah 2018 sebelum idul adha arafah asyura buka hari idul fitri tasu'a bahasa arab ganti dalam rumi jakim malayasia dan lain sebagainya.