Pengertian Niat Tata Cara Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha Beserta Artinya

Pengertian Niat Tata Cara Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha Beserta Artinya - Meskipun sholat idul adha termasuk pada kategori hukum sunnah, namun ketika di kerjakan tetap haru memenuhi aturan aturan yang telah di tentukan pada sholat ini, seperti harus mengikuti tata cara yang tertib, niat harus di hadirkan, bacaan doa harus di baca serta yang paling penting yaitu syarat rukun tidak boleh di tinggalkan, karena apabila salah satunya tertinggal maka sholat idul adha pun tidak sah.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan sholat idul adha, memang agak berbeda dengan yang lainnya yaitu di kerjakan pagi hari setelah terbit matahari, mungkin agak mendekati pada waktu sholat dhuha. Dan untuk mengetahui terbitnya matahari jam berapa bisa dengan beberapa cara, perrtama apabila memahami keilmuannya bisa dengan menentukan sendiri dan jika tidak tahu maka dengan cara mengikuti sesuai yang telah di umumkan oleh pihak kemenag pemerintah indonesia.

Sementara dalam hal yang lainnya baik itu tata cara, bacaan takhbir, serta jumlah rakaatnya hampir sama dengan shalat idul fitri, perbedaannya hanya pada niat shalat idul adha dan jumlah takhbirnya saja. Memang niat ini selain menjadi rukun yang tidak boleh di tinggalkan tetapi juga menjadi pembeda anatara ibadah yang satu dengan yang lainnya.

Pengertian Niat Tata Cara Waktu Pelaksanaan Sholat Idul Adha Beserta Artinya

Nah bagi kalian yang lupa dengan tata caranya silahkan pelajari kembali dengan baik di bawah ini, mengingat shalat idul adha ini di laksanakan setahun sekali serta sedikit berbeda dengan shalat sunat pada umumnya.

1. Membaca Niat Shalat Idul adha

Niat Sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunata 'iidhil adha rakataini mustakhbilal qiblati ma'muuman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Niat sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunata 'iidhil adha rakataini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

2. Takhbirotul Ikhram

3. Takhbir lagi sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali di rakaat kedua selain takhbirotul ikhram serta di antaranya membacakan bacaan :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

Subhanallah, wal hamdu lillah wala ilaha illallah wallahu akhbar, allahumaghfirli warhamni

Artinya : Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.

4. Di lanjut membaca surat fatihah

5. Membaca salah satu surat dari al-qur'an, lebih di utamakan surat surat Qaaf untuk rakaat pertama dan keduanya surat Al Qomar atau Al A’laa dan surat Al Ghosiyah.

6. Setelah itu di lanjut ruku dan di truskan seperti shalat pada umumnya hingga rakaat kedua lalu di akhiri dengan salam.

7. Setelah shalat idul adha selesai kemudian khutbah yang di lakukan oleh imam atau yang mewakilinya

8. Selesai

Demikian ulasan dari pembahasan yang berkaitan dengan tata cara sholat idul adha secara lengkap. Mudah-mudahan meskipun sekilas, tetapi bisa bermanfaat. Silahkan untuk lebih mengetahui semua hal yang berkaitan dengan idul adha sebaiknya pelajari juga yang berhubungan dengan pengertian niat tata cara waktu pelaksanaan sholat idul adha beserta artinya shalat idul fitri doa setelah ied video bacaannya lengkap sesuai menurut sunnah nu muhammadiyah dan lain sebagainya.