Dzikir Bacaan Doa Sesudah Setelah Sholat Fardhu Wajib 5 Waktu Yang Pendek Berjamaah

Dzikir Bacaan Doa Sesudah Setelah Sholat Fardhu Wajib 5 Waktu Yang Pendek Berjamaah - Berdoa sesudah sholat adalah rutinitas dari amalan sehari-hari yang sudah pasti di lakukan oleh semua umat islam tidak terkecuali yang melaksanakan sholatnya berjamaah atau sendiri (munfarid). Bahkan membaca doa sesudah sholat tidak hanya banyak di lakukan oleh orang dewasa saja yang sudah mengetahui keutamaannya tetapi juga anak kecil yang baru belajar dengan doa-doa pun selalu ramai membiasakan berdoa setelah sholat fardhu apalagi di majlis ta'lim atau pondok pesantren.

Membaca doa setelah selesai sholat wajib 5 waktu boleh di lakukan sendiri apabila memang memiliki suatu permohonan kepada allah swt atau lebih baik juga di bersamakan yang di pimpin oleh seseorang dan di amini oleh yang lainnya. Sebagaimana tertuang dalam salah satu hadits bahwa tidaklah berkumpul sebagian orang dengan berdoa dan yang lain mengamininya kecuali allah swt akan mengabulkan doa tersebut, dengan begitu biasa kan diri untuk duduk sejenak sudah selesai sholat untuk berdzikir dan doa.

Bahkan di anjurkannya berdoa tidak hanya sekedar sesudah sholat fardhu saja tetapi juga pada setiap sholat sunnah juga di perintahkan sebagai contoh beberapa di antaranya membaca doa shalat tasbih , sesudah tahajud, setelah dhuha, istikharah, hajat dan yang lainnya. Karena memang sehabis sholat menjadi sebuah waktu yang lebih utama untuk berdoa selain di sepertiga terakhir malam dan lain sebgainya.

Dzikir Bacaan Doa Sesudah Setelah Sholat Fardhu Wajib 5 Waktu Yang Pendek Berjamaah

Mengenai jenis dari bacaan doa setelah sholat memang cukup beragam, di antaranya ada yang versinya pendek ada juga yang panjang karena setiap orang memang memiliki kebutuhan atau hajat yang berbeda-beda misalnya ada yang membacakan doa mohon keselamatan dunia akhirat, memohon rezeki, minta di berkahkan panjang usia, bahagia dunia akhirat, doa untuk orang tua, memohon perlindungan, di jauhkan dari balabahaya dan masih banyak lagi yang lainnya, seperti yang kami tulis di bawah ini.


Bacaan doa Sesudah Setelah Shalat Fardhu

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَيُسْتَجَابُ لَهَا

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillahirrohmannirrohim, alhamdulillahi rabbil 'alamiin, hamdan yu waafii nii 'amahu wa yukafi' mazidah, yaa rabbanaa lakalhamdu wa laka syukrukamaa yanbagii lizalaali wajhikal wa'adzimi sulthoonik.

Artinya : Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

Allahumma shalli wasallim 'alaa syaidina muhammad, wa'alaa 'ali syadina muhammad, sholatan tunjiinaa bihaa min jami'il ahwaali wal afati, wa takh diilanaa jamii'al haajaati, watuttohhirunaa bihaa min jami'is sayyiat, wa tarfa'una a bihaa 'indaka a'alad-darojat, watuballighunna bihaa aqsol ghoyat, min jami'il khoirooti fiil hayaati wa ba'dal mamaat, innahu sami'un qoriibu mujiibu da'wati wayaa qoo diyal haajaati.

Artinya : Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad dan keluarganya, yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit, yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami, yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan, yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan dapat menyampaikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan, baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.

Allohumma inna nasaluka salaamatan fii diini, waddunya wal aahiroh, wa'afiyatan fil zasadi, wasihatan fil badani, wa jiyaadatan fil 'ilmi, wa barokatan fir-rizki , wa tau batan qoblal maut, wa rohmatan 'indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut, allohumma hawwin 'alaina fii syakarotil maut, wa najata mina-naari wal afwa indal hisab.

Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan dalam agama, dunia dan akhirat, keafiatan jasad, kesehatan badan, tambahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datang maut, rahmat pada saat datang maut, dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat dilaksanakan hisab.

Allohumma inna na'udzubika mina'azzi wal kasali wal bukhli wal haromi wa'adzabil qobri.

Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan dari azab kubur

Allohumma inna nudzbika min 'ilmi laa yanfau' wa minal qobli la yahsau' wa minan-nafsi laa tasbau' wamin da'watin laa yustazabu lahaa.

Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu', dari jiwa yang tidak kenal puas, dan dari doa yanag tak terkabul.

Rabbanaagh firlanaa dunuubana wa li wa lidiinna wa limasayyihina wa li mu'alliminaa wa lima lahu haqqo 'alaina wa li man ahabba wa ahsana ilaina walikaffatil muslimiinna azma'iin.

Artinya : Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa-dosa orang tua kami, para sesepuh kami, para guru kami, orang-orang yang mempunyai hak atas kami, orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami, dan seluruh umat islam

Rabbanaa taqobal minna innaka antas-sami'ul 'aliim, wa tub 'alainaa innaka antat-tawaburrohiim.

Artinya : Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Rabbana aatinaa fiddunya khasanah, wa fil aakhiroti khasana waqinaa 'adzab-bannaar

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Wa shollallohu 'alaa sayyidina muhammad wa'alaa aalihi wa sohbihi wa sallim, wal hamdu lillahi robbil 'aalamiin.

Artinya : Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam

Itulah di antara bacaan doa sesudah sholat yang bisa anda amalkan sehari hari, silahkan bagi yang belum hafal pahami dengan baik, baca berulang kali, dan bagi yang sudah hapal jangan lupa ajarkan pada anak-anak agar mereka belajar terbiasa berdoa setelah selesai sholat. Selain oembahasan ini masih ada lagi artikel lain yang masih berhubungan dengan dzikir bacaan doa sesudah setelah sholat fardhu wajib 5 waktu yang pendek berjamaah tahajud dhuha mp3 nahdlatul ulama wirid ringkas habis harian selepas panjang contoh doa2 terbaik penutup mustajab ketika lengkap himpunan lazim dan yang lainnya.