Keputusan Hasil Sidang Isbat Puasa Ramadhan 2018 Jatuh Pada Tanggal Berapa Hijriah

Keputusan Hasil Sidang Isbat Puasa Ramadhan 2018 Jatuh Pada Tanggal Berapa Hijriah - Penentuan awal bulan ramadhan tidak bisa ditentukan begitu saja tanpa melihat dulu keberadaan hilal yang pasti akan selalu di lakukan oleh para intansi dari pihak kemenag kementrian republik indonesia yang di bantu para ahli dari tiap ormas agama islam yang memiliki kemampuan khusus dalam bidang tersebut serta pengerti terhadap ilmu penentuan hilal dan lain sebagainya, baik itu para ustadz atau kiyai.

Apabila memang melihat dari kalender hijriah yang sudah beredar di kalangan umat islam, penentuan dari awal puasa ramadhan 2018 Jatuh pada tanggal 17 Mei Hari Kamis Tapi dalam penentuan tanggal ibadah seperti di bulan ramadha tanggal yang sudah beredar tidak bisa menjadi panduan sepenuhnya sebab kebeadaan hilal bisa berubah, sehingga perlu di lihat tersebih dahulu di sore hari sebelumnya. Sehingga alangkah baiknya jika umat islam sabar menunggu kapan di mulainya tanggal 1 ramadhan yang akan di umumkan secara resmi pada sidang isbat.

Dalam penentuan awal tanggal bulan hijriyah yang di gunakan oleh umat islam di kategorikan terhadap dua cara yang pertama dengan cara rukyatul hilal dan yang ke dua dengan cara hisab. Rukyatul hilal yaitu metode yang di lakukan dengan cara melihat hilal yang di gunakan atau jadi pegangan di kepemerintahan indonesia sedangkan hisab yaitu metode penghitungan yang di gunakan oleh sebagian kalangan umat islam. Kedua metode ini di anggap sah untuk menentukan penanggalan hijriyah karena sama-sama memiliki dalil yang cukup kuat.

Keputusan Hasil Sidang Isbat Puasa Ramadhan 2018 Jatuh Pada Tanggal Berapa Hijriah

Seperti yang sudah di paparkan di atas, apabila hilal telah terlihat di berbagai titik yang sudah di tentukan maka pihak kemenag akan langsung memutuskan masuknya awal ramadhan melalui sidang isbat yang di hadiri oleh berbagai kalangan ormas dari kalangan umat islam serta akan di siarkan langsung oleh semua stasiun televisi baik lokal atau nonlokal bahkan akan langsung di sebar lewat media sosial dan wbsite-website resmi, sehingga masyarakat bisa dengan mudah langsung mengetahuinya.

Motode seperti ini tidak hanya di lakukan saat menentukan awal puasa ramadhan saja tetapi juga ketika akan menentukan tanggal 1 syawal atau idul fitri bahkan untuk jadwal imsak ramadhan 2018 dan yang lainnya. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut silahkan cermati semua yang ada pada keputusan hasil sidang isbat puasa ramadhan 2018 jatuh pada tanggal berapa hijriah pemerintak detik versi muhammadiyah mui dan yang lainnya.