Lafadz Doa Iftitah Pada Shalat Tarawih Arab Latin Dan Terjemahannya Lengkap

Lafadz Doa Iftitah Pada Shalat Tarawih Arab Latin Dan Terjemahannya Lengkap - Doa iftitah adalah doa yang di bacakan pada awalan shalat yaitu setelah takhbir pertama (takhbirotul ikhram dan sebelum membaca surat fatihah atau di antara takhbirotul ikhram dan fatihah.

Untuk bacaan doa iftitah ini hukumnya sunat pada shalat baik fardlu maupun sunat dalam arti jika tidak terbaca atau tertinggal tidak perlu sujud sahwi, tetapi meskipun sunat alangkah baiknya di baca karena doa ini merupakan yang di ajarkan oleh nabi.

Perlu di ketahui bahwa ada beberapa catatan yang mesti kita ketahu ketika kita akan membaca atau meninggalkan doa iftitah pada shalat, karena tidak bisa begitu saja meninggalkannya meskipun ini hukumnya sunat, tetapi harus memiliki alasan yang di benarkan ketika akan meninggalkannya, di antaranya adalah:


Doa Iftitah Pada Sholat Tarawih

1. Jika seseorang melaksanakan shalat di akhir waktu dan apabila membaca doa iftitah ini di khawatirkan akan habis waktu sholatnya maka tidak di anjurkan membaca doa iftitah.

2. Jika seorang makmum datang sholatnya masbuk dan imam masih dalam keadaan berdiri maka boleh membaca doa iftitah kecuali jika si makmum khawatir/takut ketinggalan fatihah maka makmum langsung membaca surat fatihah tanpa membaca doa iftitah karena fatihah merupakan rukun sholat sedangkan doa iftitah adalah sunat.

3. Jika makmum datang sholatnya masbuq sementara imam tidak lagi berdiri atau sudah ruku, sujud atau yang lainnya maka bagi makmum tidak boleh lagi membaca doa iftitah tapi langsung mengikuti imam dan tidak boleh lagi membaca doa iftitah ketika imam berdiri.

4. Atau setelah takhbirotul ikhram langsung membaca surat fatihah tanpa membaca doa iftitah terlebih dahulu maka hukum sholatnya tetap sah tanpa harus sujud sahwi.

Bacaan doa iftitah adalah doa yang selalu di baca ketika sholat fardlu atau sunat sebelum kita membaca surat fatihah, untuk bacaan doa iftitah ini sendiri ada beberapa jenis yang di ajarkan oleh nabi muhammad saw dan para shabat, berdasarkan riwayat yang shaheh kurang lebih ada lima macam jenis doa namun untuk yang lebih umum di bacaakan saat ini adalah doa iftitah NU dan doa iftitah muhammadiyah.

Nah bagaiman bacaan doa iftitah pada sholat tarawih mengingat pada sholat tarawih termasuk sholat yang banyak bilangannya ? melihat dari definisi iftitah itu sendiri adalah pembuka dari setiap sholat dan hukumnya sunat maka pada sholat tarawih pun tetap sunat di bacakan yakni setelah takhbir berarti kalau sholat tarawihnya 10 kali salam maka doa iftitahnya pun 10 kali bacaan. kembali pada hukum di ata kalaupun tidak di baca maka tidak apa-apa. bagi kalian yang ingin membacanya sudah kami sediakan 2 macam doa iftitah di bawah ini.

Doa Iftitah Pada Sholat Tarawih

allahuakhbar kabiiraw-walhamdu lillahi katsira wasubhanallahibukhrataw-waasiila, inni wajjahtu wajhiya lilladzii fataras-samaawaati walardha haniifam-muslimaw-wama ana minal musyrikin, inna sholati wanusukii wamah yaa ya wa mamaati lillahi robbil a'lamin la syariikalahuu wabidzalikal umirtu wa anaa minal muslimin.

Artinya :

Allah maha besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi yang sebanyak-banyaknya bagi allah, maha suci alloh pada pagi dan petang hari, aku menghadapkan wajahku kepada tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri dan aku bukan lah orang-orang yang menyekutukannya. sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah milik alloh tuhan semesta alam yang tidak ada satu sekutupun baginya, dengan semua itulah aku di perintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri


اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالبَرَدِ

Artinya :

Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin.

Itulah pembahasan kami tentang bagaimana cara membaca doa iftitah Shalat Tarawih pada sholat tarawih semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga menjadi suatu pengetahun.