Tuntunan Tata Cara Bacaan Doa Khusus Niat Sholat Jenazah Mayit Dan ghaib

Tuntunan Tata Cara Bacaan Doa Khusus Niat Sholat Jenazah Mayit Dan ghaib - Sholat jenazah menjadi sebuah kewajiban yang memiliki hukum sebagai fardhu kifayah yang artinya adalah ibadah harus di laksanakan oleh umat islam dan apabila tidak ada yang mengerjakannya maka semuanya berdosa. Tetapi dosa tersebut bisa menjadi gugur apabila satu orang di antara mereka ada yang mengerjakannya. Memang jika melihat dari besarnya mayoritas islam di indonesia rasanya tidak mungkin jika di sebuah kampung ada yang meninggal sama sekali tidak ada yang mensholatinya.

Perlu di ketahui bersama meskipun ibadah ini sama-sama memiliki nama sholat, tetapi pada kenyataan dari tata cara pelaksanaannya jauh berbeda dengan pada umumnya. Yaitu apabila pada sholat yang biasa di kerjakan sehari-hari akan menemukan gerakan ruku, 'itidal sujud, duduk dan yang lainnya, namun untuk jenazah ini semua itu tidak akan di temukan karena hanya berdiri saja sambil melakukan takbir 4 kali dengan beberapa bacaan doa niat sholat jenazah di antara takbir tersebut.

Akan tetapi meskipun sholat jenazah berbeda dengan yang lainnya, dalam pelaksanaannya tetap memiliki rukun-rukun yang harus di patuhi oleh orang yang mengerjakannya mulai dari niat, berdiri jika mampu, takbir 4 kali, membaca surat fatihah, shalawat, doa dan terakhir salam. Rukun ini harus ada pada setiap sholat jenazah baik ketika mayitnya laki-laki, perempuan bahkan anak-anak, karena apabila salah satunya tidak di penuhi maka sholatnya mungkin tidak bisa sah.

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Jenazah Sesuai Sunnah Dalam Bahasa Arab Anak Perempuan Laki Laki

Sedangkan dari sisi bacaan terutama niat sholat jenazah antara imam dan makmum berbeda kalimat lafadznya serta berbeda juga apabila mayitnya laki-laki perempuan dan anak anak. Maka dengan adanya perbedaan dari keseluruhan sholat jenazah dengan yang pada umumnya di lakukan, di tuntut kepada setiap umat islam terutama yang sudah dewasa harus benar-benar memahami, mempelajari hingga mengamalkannya setiap ada di antara saudara yang meninggal dunia, dan berikut bacaan niatnya secara lengkap.

Niat Sholat jenazah Perempuan

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'ala haadzal mayyitati arba'a takhbirotin fardhol kifaayati ma'muman lillahi taala

Artinya : Saya niat sholat atas mayit perempuan ini empat kali takhbir fardhu kifayah karena menjadi ma'mun karena allah taala

Niat sholat Jenazah Laki-Laki

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'alaa haadzalmayyiti arba'a takhbiraatin fardhol kifaayati ma'muman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat atas mayit ini empat kali takhbit fardlu kifayah karena menjadi ma'mun karena alloh taala.

Perlu Kita ketahui bahwa niat di atas adalah jika kita menjadi ma'mun, maka jika menjadi imam maka lapadz ma'muman di ganti menjadi imaaman, seperti contoh di bawah ini.

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli 'alaa hadzal mayyiti arba'a takhbirotin fardhu kifayatin imaaman lillahi taala

Artinya : Saya niat atas mayit ini empat kali takhbir fardlu kifayah menjadi imam karena allah ta'alaa

Niat Untuk Mayit Anak Laki-Laki

اُصَلّىْ عَلىَ هَذَا مَيِّتِ الطّفْلِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ مَأمُوْمًا/اِمَامًا لِلهِ تَعَالىَ

Usolli 'ala hadzal mayyiti tifli arba'a takhbirotin fardhu kifayatin ma'muman/imaaman lillahi ta'alaa

Artinya : Aku niat mengerjakan sholat atas mayit anak laki-laki ini empat kali takhbiran sebagai ma'mum/imam karena allah taalaa.

Niat Untuk Jenazah Anak Perempuan

اُصَلّىْ عَلىَ هَذِهِ مَيِّتَةِ الطّفْلَةِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ مَأمُوْمًا/اِمَامًا لِلهِ تَعَالىَ

Usolli 'ala hadihil mayyitati tiflati arba'a takbirotin fardhu kifayati ma'muman/imaman lillahi ta'alaa

Artinya: Aku niat mengerjakan sholat atas mayit anak perempuan ini empat kali takhbiran fardu kifayah sebagai ma'mum/imam karena allah ta'alaa.

Peran dari mengucapkan niat sholat jenazah menjadi salah satu syarat pertama yang harus di penuhi oleh setiap orang yang sedang mengerjakannya, karena termasuk dari rukun. Maka dari itu juga sangat penting untuk benar-benar di pahami semua orang, dan silahkan pelajari dengan baik terutama hafalkan hingga pahan dan pelajari juga semua yang berkaitan dengan bacaan doa tata cara niat sholat jenazah sesuai sunnah dalam bahasa arab anak perempuan laki laki takbir ke 4 setelah ghaib masjidil haram dan yang lainnya.