Gambar Tata Cara Bacaan Wudhu Dan Doanya Yang Benar

Gambar Tata Cara Bacaan Wudhu Dan Doanya Yang Benar - Wudhu adalah salah satu dari aktivitas ibadah yang sangat populer di kalangan masyarakat islam, bahkan nama wudhu tidak hanya sebatas di kenal oleh orang dewasa saja akan tetapi sudah pasti di ketahui juga oleh anak-anak mulai sejak usia dini. Memang tidaklah heran apabila berwudhu sudah sejak awal di ketahui setiap umat islam, karena menjadi salah satu syarat mutlak dalam beribadah terutama sholat. Akan tetapi sayangnya, kebanyakan di antara orang-orang di luar sana hanya memahami namanya saja serta wudhu harus dengan air tanpa di dasari dengan pengetahuan lebih dalam mengenai bagaimana tata cara wudhu yang baik dan benar.

Hakikatnya wudhu menjadi salah satu syarat penting dalam sholat dan ibadah lainnya, apabila seseorang hendak beribadah tanpa di awali berwudhu sudah pasti tidak akan sah, serta pernyataan ini sudah tidak bisa di tawar lagi karena telah menjadi ketentuan dalam syariat yang langsung di ajarkan oleh baginda nabi saw. Perlu sedikit di ketahui, bahwa berwudhu juga memiliki jutaan hikmah yang sangat besar bagi kehidupan setiap manusia di antara beberapanya adalah mengajar setiap orang untuk hidup bersih, suci dan keindahan.

Dalam berwudhu tidak hanya sebatas cukup dengan membasuh beberapa anggota tubuh yang sudah di tentukan dengan air, akan tetapi banyak sekali aturan-aturan yang mesti di penuhi oleh orang yang mau mengerjakannya, mulai dari ukuran air apakah termasuk yang suci dan mensucikan sehingga sah di pakai untuk berwudhu, bagaimana niat atau doa wudhu, berapa kali basuhan ketika membasuh anggota tertentu, sampai di mana batasan mengusap anggota dengan air, apa syarat sah dan rukunnya, kapan harus berwudhu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gambar Tata Cara Bacaan Wudhu Dan Doanya Yang Benar

Oleh karena itu sebaiknya simak dengan baik apa yang akan di paparkan di bawah ini mengenai tata cara wudhu yang baik dan benar agar nanti ketika pelaksaannya bisa sesuai dengan syariat dan sempurna, sebab bagaimana pun ada banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan wudhu ini termasuk kesunnahan ketika berwudhu. Untuk kajian selengkapnya langsung simak saja agar lebih di mengerti dengan baik.

Tata Cara Wudhu

Rukun Dalam Berwudhu

Niat ketika mencuci muka
Membasuh muka
Membasuh kedua tangan hingga siku
Mengusap sebagian dari kepala
Membasuh kedua kaki hingga mata kaki
Tertib atau harus tersusun dari niat sampai kaki

Niat Wudhu

نويت الوضوء لرفع الحدث الأصغر فرضا للو تعالي

Nawaitul Wudu-a Liraf'il hadatsil asghari fardhan lillahi ta'ala

Artinya : Aku niat wudhu untuk menghilangkan hadats kecil karena Allah Ta’ala

Kesunnahan Dalam Berwudhu

Sebelum Wudhu
Membaca bismillah
Membasuh kedua telapak tangan 3x
Berkumur/menggosok gigi
Menghirup air ke hidung

Ketika Berwudhu
Mengusap seluruh kepala
Mengusap kedua telinga luar dalam dengan air baru
Menyisir jenggot tebal dengan jari
Membasuh sela-sela jari tangan dan kaki
Mendahulukan bagian kanan dari kiri
Menyucikan masing-masing 3 (tiga) kali
Memulai Dari Sebelah Kanan
Melebihkan basuhan dari ukuran anggota yang di tentukan
Menghemat penggunaan air
Membaca doa Wudhu

Penjelasan

1. Niat di hadirkan ketika basuhan pertama saat membasuh muka, adapun untuk ukuran muka yang harus di basuh yaitu mulai dari dua telinga dan memanjang antara tempat tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu tempat tumbuhnya jenggot dengan masing-masing 3x basuhan.

2. Membasuh atau mencuci kedua tangan dengan masing-masing 3x mulai dari bagian kanan ukurannya adalah ujung kuku, sela-sela jari hingga kedua siku, termasuk juga rambut yang tumbuh di atas kulit dan semua kotorang yang menempel harus di hilangkan.

3. Mengusap sebagian kepala atau boleh juga seluruh kepala

4. Membasuh kedua kaki dan kanan harus di dahulukan dengan masing-masing 3x basuhan antara mulai bawah hingga mata kedua kaki dan sela-sela jari juga harus rata di basuh dengan air.

Untuk mencapai kategori sah, maka jika hanya mengerjakan rukunnya pun bisa di katakan sah tetapi akan lebih sempurna apabila di penuhi juga dengan sunnah sunnah dalam berwudhu seperti yang di katakan di atas. Selain itu jangan lupa untuk membaca doa-doa berwudhu seperti sebelum dan sesudahnya, ketika membasuk muka dan rambut dan yang lainnya. Mungkin hanya sebatas itu saja pemaparan dari tata cara wudhu semoga menjadi penjelasan yang dapat di pahami dengan baik, silahkan peajarii semua yang berkaitan dengan gambar tata cara bacaan wudhu dan doanya yang benar untuk wanita tayamum saat puasa dan yang lainnya