Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Lengkap

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal - Mendoakan kedua orang tua adalah suatu keharusan bagi setiap anak tak terkecuali jika orang tuanya telah meninggal, karena doa seorang anak yang sholeh merupakan suatu hal yang tidak akan terputus kepada orang tuanya meskipun sudah meninggal, sebagaimana dalam sebuah hadist di jelaskan.

http://santriema.blogspot.co.id/

Artinya : Jika seorang anak adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan anak yang sholeh yang mendoakan kepada orang tuanya”.

Melihat dari penjelasan hadist ini maka hendaklah bagi seorang anak untuk mendoakan orang tuanya yang sudah meniinggal karena doa seorang anak sangatlah berarti bagi orang tua yang sudah meninggal, ketahuilah bahwa mendoakan kedua orang tua termasuk pada kategori berbakti kepada orang tua dan Berbakti kepada orang tua menempati posisi yang tinggi didalam islam. Hal itu ditunjukkan dengan perintah berbuat baik kepadanya mengikuti perintah beribadah hanya kepada Allah swt saja.

http://santriema.blogspot.co.id/

Dengan cara apa kita mendoakannya? bisa dengan cara mendoakan sambil berziaroh ke kuburnya bisa di rumah atau setelah kita melasanakan sholat, sedangkan untuk pelafadan doa alangkah baiknya dengan bahasa arab jika tidak bisa boleh memakai bahasa yang biasa kita pakai, di sini kami sudah menyediakan doanya yang bisa kalian amalkan kapan saja.


رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ

“Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku.” (QS. Nuh : 28)

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al Isra : 24).

http://santriema.blogspot.co.id/

"ALLAHUMMAGHFIR LAHU WARHAMHU WA 'AAFIHI WA'FU 'ANHU WA AKRIM NUZULAHU WA WASSI' MUDKHALAHU WAGHSILHU BILMAA`I WATS TSALJI WAL BARADI WA NAQQIHI MINAL KHATHAAYAA KAMAA NAQQAITATS TSAUBAL ABYADLA MINAD DANASI WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHI WA ADKHILHUL JANNATA WA A'IDZHU MIN 'ADZAABIL QABRI AU MIN 'ADZAABIN NAAR.

Artinya : "(Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya -di dunia- dengan rumah yang lebih baik -di akhirat- serta gantilah keluarganya -di dunia- dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka)

Untuk Doa yang terakhir, jika yang sudah meninggalnya ibu (perempuan) maka lafadz HU di ganti Menjadi Ha (Allahummagh fir Laha) dan jika keduanya sudah meninggal maka lafadz Hu di ganti menjadi HUMA (Allahummaghfir La Humma).

Itulah pembahasan kali ini tentang Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal semoga doa ini menjadi pendorong bagi kalian semua untuk selalu mendoakan orang tua kita, dan semoga bermanfaat. Untuk Doa orang tua lainnya bisa di lihat DI SINI.