Cara Niat Sholat Tarawih Dan Witir Berjamaah Sendiri Dan Jumlah Rakaat

Sholat Tarawih - Diantara salah satu ibadah sunnah yang harus dipenuhi selama bulan ramadhan dari tanggal 1 hingga hingga akhir adalah sholat tarawih. Melihat dari sisi hukum tarawih ini termasuk pada kategori sunnah muakad atau sangat di anjurkan untuk di kerjakan serta berjamaah, meski boleh juga di lakukan secara sendiri (munfarid) akan tetapi lebih utama lagi apabila di berjamaahkan dan begitulah pendapat yang lebih masyhur dari kalangan para ulama.

Apabila membahas seputar sholat tarawih maka tentunya tidak seperti yang lain karena pada tarawih ini sangat banyak sekali perbedaan pendapat selain dari doa shalat tarawih yaitu dari sisi jumlah rakaat ada di antaranya yang menyebutkan 8 dan menjadi 11 rakaat beserta witir ada juga yang mengamalkan 20 menjadi 23 rakaat beserta witir bahkan ada pula yang 36 rakaat. Perbedaan ini sama-sama memiliki dalil kuat yang mereka masing-masing yakini kesahihannya.

Pangkal perbedaan terjadinya perbedaan ini bermula dari salah satu hadits siti aisyah yang menyebutkan bahwa rosullullah saw tidak pernah menambah di bulan ramadhan dan di luar ramadhan lebih dari 11 rakaat. Namun jika meihat dari penjelasan para ulama ahli hadits bahwa hadits tersebut lebih menunjukan pada sholat malam bukan tarawih sebab dalam hadits bukhari dan muslim menjelaskan bahwa nabi keluar pada bulan ramadhan guna mengerjakan sholat malam dengan 3 tahapan bersama umat di masjid.

Cara Niat Sholat Tarawih Dan Witir  Berjamaah Sendiri 3, 4, 8, 11, 21 Rakaat

Pertama pada tanggal ke 3 ke 5 dan ke 27 lalu rosulullah saw mengerjakan shalat 8 rakaat dan sisanya mereka sempurnakan di rumahnya masing-masing. Bahkan di sisi lain para shabat pun sepakat mengerjakan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat dengan witir 3 rakaat. Lalu bagaimana mengenai 36 rakaat, dalam hal ini umar bin ’Abdul Aziz menambahkan jumlah rakaat menjadi 36 agar bisa menyamai shalat tarawihnya maka, karena di makah pada waktu tersebut menyelingi setiap 4 rakaat dengan tawaf.

Jadi dapat di simpulkan bahwa jumlah rakaat shalat tarawih lebih utama melaksanakan 20 rakaat dengan witir 3 rakaat menurut pendapat paling mashur dengan masing-masing satu kali salam 2 rakaat. Dan begitu juga sebaiknya kita dalam mengerjakan sholat sunnah di setiap malam bulan ramadhan serta di berjamaahkan. Dalam hal tata cara sama dengan sholat pada umumnya, dan yang membedakannya hanya terdapat pada niat saja seperti yang ada di bawah ini.

Niat Shalat Tarawih Untuk Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-Taroowiihi Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Imaaman Lillaahi Ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Niat Shalat Tarawih Sendiri

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-Taroowiihi Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala

Niat Shalat Tarawih Ma'mum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatat-Taroowiihi Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Ma'muman Lillaahi Ta'alaa
Artinya : Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta'ala

Sedangkan shalat witir di lakukan setelah shalat tarawih dengan hitungan rakaat ganjil seprti 3, 9 dan sebagainya, namun kebanyakannya melkukan yang tiga rakaat dan berikut adalah doannya

Niat Shalat Sunah Witir 2 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunatal witri rakataini mustaqbilal qiblati adaa an ma,muman lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat witir dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Niat Shalat Witir 1 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal witri rak'atan mustaqhbilal qiblati ada,an ma,muuman lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat witir satu raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Niat Shalat Witir 3 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunatal witri tsalasa rak'atin mustaqbilal qiblati adaa an ma,muman lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat sholat witir tiga raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Dari penjelasan di atas yang memuat seputar niat sholat tarawih serta yang lainnya dapat kita pahami bahwa sholat ini memiliki jumlah rakaat 20 di tambah 3 witir yang paling mashur di kalangan para ulama. Maka dengan begitu alangkah baiknya jika kita juga mengikuti pendapattersebut, silahkan jika merasa kurang puasa cari lagi informasi pada artikel lain yang membahas seputar cara niat sholat tarawih dan witir berjamaah sendiri 3, 4, 8, 11, 21 rakaat isya munfarid dalam bahasa indonesia makmum pengertian bagaimana melakukan jelaskan berapa jumlah ketentuan bacaan bilal dan yang lainnya.