Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan Dan Minum Dan Yang Mengurangi Pahala

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan Dan Minum Dan Yang Mengurangi Pahala - Puasa adalah bentuk ibadah yang sering di lakukan oleh umat muslim terutama dalam setahu sekali yaitu ramadhan. Di karenakan puasa termasuk ibadah maka sudah pasti dalam tata cara pelaksanaannya harus di sertai dengan panduan atau di sebut dengan syarat rukun puasa yang harus di penuhi oleh orang yang sedang mengerjakan puasa baik yang di wajibkan atau yang di sunnahkan.

Seerti telah di pahami bersama bahwa puasa ini berbentuk menahan diri dari semua hal yang bisa membatalkannya seperti makan, minum, bersenggama atau yang lainnya. Dalam arti segala sesuatu yang biasa di lakukan dalam keseharian di larang di laksanakan ketika berpuasa, sehingga dengan adanya hal ini sudah tentu orang yang sedang mengerjakan puasa akan lebih merasa lelah, lapar dahaga, dan jenuh pastinya karena itulah konsekuensi dari orang yang berpuasa, baik itu puasa qadha atau jenis lainnya.

Oleh karena itulah jangan sampai rasa lelah dan lapar serta dahaga hanya menghasilkan sesuatu yang tidak ada artinya atau tidak termasuk ibadah yang dapat menghasilkan pahala, karena kecerobohan atau ketidak hati-hatian dalam pelaksanaan berpuasa. Sebab ternyata jika melihat dari hukum puasa lebih jauh, untuk bisa mencapai kesempurnaan tidak hanya cukup menahan lapar karena tidak makan dan tidak minum.

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa Selain Makan Dan Minum Dan Yang Mengurangi Pahala

Ada beberapa hal yang mesti di ketahui oleh orang yang berpuasa agar bisa mendapatkan kesempurnaan, di antaranya harus menghindari atau menjauhi larangan-larangan yang dapat membatalkan hingga mengurangi dari pahala puasa tersebut, tentunya selain makan dan minum. Di antara hal yang bisa membatalkan puasa telah kami rangkum secara detail di bawah ini agar bisa menjadi perhatian bagi kalian yang sedang melaksanakan puasa, silahkan untuk di pahami.

Hal Hal Yang Membatalkan Puasa

Murtad
Melakukan hubungan badan secara sengaja di waktu siang.
Mengeluarkan mani dengan sengaja seperti halnya onani
Haid Dan Nifas
Memasukan benda atau sejenisnya ke dalam lubang pada anggota tubuh yang mana lubang tersebut berkesinambungan langsung kepada lambung.
Gila (hilang akal)
Muntah dengan sengaja
Memasukan Benda melalui Kubul dan Dubur

Akan tetapi apabila perkara di atas di lakukan dengan tidak sengaja atau lupa bahwa sedang berpuasa maka hukumnya tidak sampai membatalkan, asal ketika ingat harus segera menghentikannya. Misal seperti lupa makan, minu, keluar mani di karenakan mimpi dan lain sebagainya. Selain beberapa hal yang dapat membatalkan puasa ada juga yang bisa mengurangi dari pahala berpuasa seperti yang telah kami rinci di bawah ini.

Hal-Hal Yang Mengurangi Pahala Puasa

Perkataan Palsu atau berdusta termasuk Memberi Kesaksian Palsu
Melakukan Hal Yang Sia-Sia
Melihat Lawan Jenis Lalu Timbul Nafsu.
Tidur sepanjang hari.
Marah
Berbicara kotor Termasuk Membicarakan keburukan orang lain (Menggunjing).
Mencuri

Itulah sedikit dari informasi mengenai hal hal yang membatalkan puasa hingga yang mengurangi pahala dalam berpuasa. Selain rangkuman di atas masih banyak lagi yang kiranya harus di pahami seputar pelaksanaan ibadah ini terutama yang di wajibkan pada bulan ramadhan, maka dari itu silahkan cermati dengan baik terutama yang ada hubungannya dengan hal hal yang membatalkan puasa selain makan dan minum dan yang mengurangi pahala bagi wanita apakah menangis mimpi basah bagi suami istri di bulan ramadhan beserta dalilnya.