Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Anak Istri Suami Keluarga Orang Lain Bahasa Arab

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Anak Istri Suami Keluarga Orang Lain Arab Dan Artinya - Bagi orang yang beragama islam mulai anak kecil orang dewasa orang tua dan lain sebagainya, membayar zakat fitrah merupakan suatu kewajiban yang harus di penuhi, apabila satu hal ini di abaikan begitu saja maka dosa hukumnya apalagi jika melihat bahwa zakat ini termasuk pada salah satu rukun islam.

Zakat fitrah adalah salah satu hal yang wajib di laksanakan oleh setiap muslim seluruh dunia, baik itu anak-anak hingga orang dewasa bahkan orang tua sekalipun. Dalam arti tanpa terkecuali siapun orangnya terutama bagi mereka yang ada untuk mambayar zakat di haruskan, jika hal ini tidak di laksanakan maka hukumnya adalah dosa.

Dalam tata cara mengeluarkan zakat fitrah ini banyak hal yang mesti di ketahui bagi orang yang hendak melaksanakannya, seperti halnya syarat dan rukun serta yang berhak meneriama atau mustahiq zakat tersebut, yang mana orang yang berhak menerima zakat ini terdapat 8 golongan yaitu fakir, miskin, amilin, ghorim, sabililah, ibnu syabil, muallaf (orang yang baru masuk islam) serta riqob.

Sedangkan untuk waktu mengeluarkan zakat fitrah ini yaitu pada bulan puasa ramadhan atau sebelum lebaran idul fitri yang biasanya orang-orang laksanakan yaitu dari mulai tanggal 27 ramadhan hingga sebelum selesainya shalat ied, sebab jika zakat di lakukan setelah selesai shalat idul fitri maka bukan lagi termasuk zakat fitrah, tetapi bisa lebih mengarah pada amal atau shodaqoh.

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Anak Istri Suami Keluarga Orang Lain Arab Dan Artinya

Terdapat banyak sekali hadist atau dalil-dalil yang menerangkan tetang perintah mengeluarkan zakat fitrah ini, juga terdapat beberapa ayat al-quran yang menyuruh untuk membayarnya seperti halnya terdapat pada surat At-Taubah ayat 103 yang artinya yaitu :

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Alloh maha mendengar lagi maha mengetahui".

Namun ketika akan mengeluarkan zakat tersebut tidak hanya cukup memberikannya kepada orang yang tetapi ada ukuran-ukuran barang yang harus di keluarkan yang mana hal tersebut harus sesuai dengan yang di perintahkan dalam syariat islam. Selain itu juga terdapat cara-cara dalam pelaksanaannya di antaranya yaitu harus membaca doa zakat fitrah atau membaca niat zakat fitrah yang di bacakan oleh orang yang bersangkutan atau bisa dengan cara mewakilkannya. Dan berikut adalah bacaannya.

Niat Zakat Fitrah Bagi Orang Yang Mewakilan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri (sebut nama orang yang mewakilkan) fardhol-lillaahi ta'aalaa

Artinya : Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas…. (sebut nama orang yang mewakilkan), Fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri 'an wa'an jami'i maa yaljamunii nafaqootuhum syar'an fardhol lillahi ta'aalaa

Artinya : Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah Ta’aala.

Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Perempuan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri 'an bintii (sebutkan nama anak perempuannya) fardhol-lillahi ta'alaa

Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri 'an waladii (katakan nama anak laki-lakinya) fardhol lillahi ta'alaa

Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta’ala

Niat Zakat Fitrah Untuk Istri

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri 'an zauzatii fardhol lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri 'an nafsii fardhol lillahi ta'alaa

Artinya : Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala

Sama halnya seperti ketika akan melaksanakan ibadah lainnya seperti niat puasa syawal, zakat fitrahpun di membacakan doa niat zakat fitrahnya ketika pas akan mengeluarkan, dan ini mesti di lakukan sebab niat ini termasuk pada rukun zakat jadi tak boleh tertinggal. Bagi anda yang lupa akan bacaannya atau belum bisa sama sekali, silahkan hafalkan dengan baik niat zakat fitrah untuk diri sendiri anak istri suami keluarga orang lain bahasa arab dan doa menerimanya atau doa mengeluarkan zakat dan lain sebagainya.