Manfaat Dan Keutamaan Puasa Sunnah 6 Hari Bulan Syawal

Manfaat Dan Keutamaan Puasa Sunnah 6 Hari Bulan Syawal - Islam adalah agama sempurna yang didalamnya berlimpah berbagai kebaikan salah satu buktinya yaitu dengan adanya puasa sunnah enam hari di bulan syawal. Jika di pikir hanya dengan logika, buat apa buat apa puasa lagi, padahal baru saja selesai selama sebulan penuh ialah ramadhan. Namun salah jika orang-orang memiliki pandangan seperti itu, karena puasa ramadhan bukan hanya sebuah kewajiban yang memiliki berbagai keistimewaan di dalam tetapi juga di sisi lain merupakan suatu bentuk pembelajaran, apakah umat muslim akan mengamalkan hal-hal yang sudah di laksanakannya pada puasa wajib seperti melatih kesabaran, menahan amarah serta membiasakan diri dalam kesederhanaan.

Nah salah satu bukti lulus atau suksesnya seseorang di bulan ramadhan akan terlihat mulai dari bulan syawal, apakah dia bisa melaksanakan kesunahan yang sudah biasa di lakukan di bulan ramadhan atau tidak, mulai dari sinilah diantaranya keimanan seseorang di uji apakah semakin bertambah kuat atau malah sebaliknya. Maka dari itu hendaklah kita melaksanakan puasa sunah syawal ini dengan dengan sungguh-sungguh agar mendapat kebaikan dan kasih sayang allah.

Selain itu puasa syawal juga bisa di bilang termasuk penyempurna ramadhan sebagai mana dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh muslim di jelaskan "barang siapa berpuasa penuh di bulan ramadhan lalu dia menyambungnya enam hari di bulan syawal, maka pahala untuknya ibarat berpuasa setahun" Yang menjadi pertanyaan, apakah akan mampu melaksanakan puasa selama setahu, sebulan saja sudah susah payah, maka dari itu marilah kita amalkan puasa sunnah ini.

Manfaat Dan Keutamaan Puasa Sunnah 6 Hari Bulan Syawal

Setiap ibadah baik itu yang di wajibkan atau di sunatkan, pasti di dalamnya menyimpan hikmah dan manfaat yang bisa di dapatkan oleh orang yang melaksanakannya, begitu pula dalam puasa syawal ini, bahkan bisa di katakan sangat besar dan banyak sekali manfaatnya, yang mena berbagai keutamaan ini juga terdapat pada kesunahan lainnya misalnya puasa senin kamis dan lain sebagainya.

Di antaranya yaitu :

1. Puasa sunat enam hari di bulan syawal akan di hadiahkan pahala laksana orang yang melaksanakan puasa satu tahun

2. Jika di ibaratkan pada shalat, puasa syawal ini ibaratkan shalat, dalam arti berperan sebagai penyempurna yang wajib, sebab di hari kiamat nanti amalan-amalan fardlu
akan di lengkapi dengan perbuatan-perbuatan sunat. Karena tidak bisa di pungkiri manusia adalah makhluk yang tidak sempurna banyak sekali khilap dan kekurangan dalam berbagai hal termasuk ketika ibadah
maka dengan inilah di sempurnakannya.

3. Dengan melaksanakan puasa sunnah di bulan syawal selama enam hari, menjdi tanda di terimanya puasa wajib di bulan ramadhan. Karena siapa saja yang berbuat kebaikan kemudian
di lanjutkan lagi dengan kebaikan maka itu tanda di terimanya atau terkabulnya amalan pertama, begitu juga sebaliknya.

4. Berbagai amalan di bulan mulia yaitu ramadhan tidak terputus begitu saja hanya karena berlalunya bulan tersebut, namun justru dengan bergegas puasa sunah syawal menandakan bahwa dia ingin selalu dekat dengan allah swt.
Jika sudah begitu maka bisa di pastikan dia akan menjdi kekasihnya, dan surga siap menunggunya.

Nah itulah di antara hikmah dan keutamaan puasa syawal yang bisa di dapatkan oleh orang yang mengerjakannya,Meski pada dasarnya masih banyak lagi yang lainnya, namun meskipun hanya sekilas mudah-mudahan menjadi salah satu motivasi yang baik untuk kita semua agarselalu mengamalkan puasa sunnah tersebut serta hal-hal sunnah lainnya.Semoga bermanfaat.