Niat Doa Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah Ramadhan Yang Shahih Sesuai Sunnah

Niat Doa Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah Ramadhan Yang Shahih Sesuai Sunnah - Membayar zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus di penuhi oleh setiap umat muslim seluruhnya baik itu wanita, laki-laki, anak kecil, orang dewasa bahkan orang tua sekalipun yaitu dengan cara memberikan sesuatu yang berharga atau makanan yang bisa di jadikan kekuatan seperti beras kepada orang yang berhak menerimanya. Namun di indonesia sendiri membayar zakat biasanya di tampung di suatu tempat lalu nanti di atur cara pembagiannya oleh pengurus atau di sebut juga dengan amil.

Di antara orang yang berhak menerima zakat fitrah ini yaitu ada delapan golongan seperti orang fakir yaitu orang yang tidak mempunyai harta juga pekerjaan. Miskin yaitu mereka yang memiliki pekerjaan juga harta namun kesemuanya itu tidak mencukupi kesehariannya. Amil/Amilin yaitu mereka yang di tunjuk oleh imam atau pemerintah untuk mengurusi zakat tersebut mulai dari penarikan hingga pembagiannya. Mu'alaf yaitu mereka yang baru masuk islam.

Selanjutnya Riqab yaitu budak yang di merdekakan oleh tuannya. Sabilillah yaitu mereka yang berjuang di jalan allah. Gharimin yaitu orang yang memiliki hutang dan yang terakhir adalah ibnu sabil. Itulah di antara orang yang berhak menerima zakat, keluar dari orang-orang tersebut maka tidak ada bagiannya.

Niat Doa Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah Ramadhan Yang Shahih Sesuai Sunnah

Di karenakan zakat fitrah ini termasuk salah satu ibadah yang di wajibkan, maka pastinya terdapat tata cara agar pekerjaan ibadah tersebut syah, terutama bagi orang yang membayarnya atau memberinya di antara salah satu hal paling penting adalah membaca niat zakat fitrah yang di ucapkan saat memberikan apa yang di zakatkan, sementara bagi orang yang menerima pun sebaiknya mendoakan orang yang mengeluarkan zakat karena saling mendoakan anatar sesama muslim terhadap hal yang baik menjadi suatu keharusan yang di anjurkan.


Bacaan Doa Ketika Menerima Zakat

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

Aajarakallaahu fiimaa a'thoita wabaaroka fiimaa abqoitawaja'alahu laka thohuuron

Artinya : Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu

Bacaan doa menerima zakat fitrah ini harus di bacakan ketika anda menerima barang yang di zakat kan, karena ini akan menjadi suatu kebaikan antara sesama muslim. Itu saja pembahasan tentang doa zakat, mudah-mudahan banyak manfaatnya.