Cara Doa Memotong Menyembelih Hewan Qurban Milik Sendiri Menurut Islam

Cara Doa Memotong Menyembelih Hewan Qurban Milik Sendiri Menurut Islam - Menyembelih hewan qurban adalah sebuah aktivitas tahunan yang selalu rutin di laksanakan oleh kebanyakan umat islam ketika datang hari raya idul adha pada bulan dzulhijjah. Perintah penyembelihan qurban bukanlah tanpa dasar hukum yang shahih, tetapi merupakan sebuah perintah yang harus di lakukan oleh orang islam yang mampu untuk mengeluarkannya serta memiliki hukun sunnah yang sangat di anjurkan, namun qurban ini bisa menjadi wajib apabila terjadi nadzar.

Dalam menyembelih hewan qurban, banyak sekali ketentuan-ketentuan yang harus di penuh oleh oorang yang berqurban baik itu yang berhubungan langsung dengan aktivitas penyembelihan atau hewan yang di qurbankan. Dalam arti meskipun memang termasuk sunnah tetapi ketika akan di laksanakan tetap harus mematuhi aturannya di antaranya seperti syarat qurban harus dengan hewan sapi, kerbau, onta, domba, atau kambing bahkan ada lagi syarat yang di tentukan untuk binatang tersebut yaitu tidak boleh cacat.

Selain itu tidak semua binatang yang di sebutkan di atas bebas untuk di jadikan hewan qurban karena masih ada lagi ketentuan-ketantuan lain yaitu harus memenuhi umur minimal misal seperti onta minimal umur lima tahun, sapi dua tahun, domba 1 tahun, kambing kacang 2 tahun. Dan selanjutnya di sunnahkan juga mengurbankan hewan yang memiliki badan gemuk dalam arti usahakan jangan memakai hewan yang kurus agar dagingnya lebih banyak, dan silahkan lihat ucapan idul adha agar lebih terasa meriah.


Dalam tata cara pelaksanaan qurban, boleh dengan cara sendiri-sendiri atau pribadi dan bisa juga dengan cara gabungan atau berkelompok misalnya 1 ekor sapi atau onta untuk 7 orang. Dalam penyembelihanpun bisa di lakukan oleh siapa saja baik itu oleh diri sendri jika memang mampu dan memiliki keahlian atau bisa juga di wakilkan kepada orang yang sudah mahir, namun bagi orang yang akan melakukan penyembelihan qurban sebaiknya menghafal dulu doanya.

Doa Menyembelih Qurban Milik Orang Lain

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنْ فُلَانٍ

Bismillahi Allahumma wallahuakhbar, allahumma hadaa minka walaka, hada 'an fulanin

Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.

Doa Menyembelih Qurban Milik Sendiri

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

Bismillahi Allahumma wallahuakhbar, allahumma hadaa minka walaka, hada 'annii

Artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah ini dari-Mu dan untuk-Mu, ini kurban dariku.

Kemudian di sambung dengan bacaan doa di bawah ini

اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ

Allahumma takobal min fulanin wa ali fulanin

Artinya : Ya Allah, terimalah kurban dari fulan dan keluarga fulan," (dengan menyebut namanya)

Agar aktivitas penyembelihan lebih mendapatkan keberkahan jangan lupa untuk membaca doa qurban di atas, bagi yang belum tahu silahkan untuk di hafal hingga paham dan bagi yang lupa silahkan di ingat-ingat lagi dengan baca berulangkali. Jangan hanya sampai di sini saja tetapi jga pelajari semua hal yang berkaitan dengan memotong dan aqiqah serah terima sesuai sunnah ternak niat berkurban kambing idul adha majlis qurban dan lain sebagainya.