Niat Doa Memandikan Jenazah Laki-Laki Perempuan Lengkap Latin Dan Artinya

Niat Doa Memandikan Jenazah Laki-Laki Perempuan Lengkap Latin Dan Artinya - Terdapat banyak hal yang menjadi kewajiban bagi orang yang masih hidup terhadap jenazah atau mayat salah satunya memandikannya, Jika ada orang yang meninggal baik itu keluarga kerabat atau tetangga, laki-laki, perempuan anak-anak dan yang lainnya maka jika di antara orang yang hadir tidak satupun yang memandikannya termasuk semua dosa tetapi bila salah satunya melaksanakannya maka hilanglah dosa tersebut.

Maka dari itu menjadi keharusan pula bagi setiap muslim untuk mengetahui bagaimana tata cara memandikan jenazah tersebut termasuk hal-hal yang bersangkutan misalnya mengafani, memejamkan mata nya, sampai menguburnya. Kenapa harus semua orang mengetahuinya? sebab tidak menutup kemungkinan pada saat tersebut orang-orang yang sudah ahli atau mengerti dalam bidangnya mengalamii halangan, maka kewajiban kita lah untuk mewakilinya.

Memandikan mayat ini di lakukan sebelum di kafani yang kemudian nantinya di shalatkan, jika mayitnya perempuan alangkah baiknya jika di lakukan oleh wanita, bila laki-lakia di mandikannya oleh para pria pula dengan tujuan agar terhindar dari fitnah dan hal-hal yang tidak di inginkan saat pengurusan jenazah tersebut.

Niat Doa Memandikan Jenazah Laki-Laki Perempuan Lengkap Latin Dan Artinya

Dalam tata cara memandikannya berbeda dengan pada umumnya, karena semua kotoran yang terdapat di mayit harus di keluarkan serta membasuhnya dengan air bersih, juga di anjurkan bagi rang yang melaksanakannya untuk membacakan niat atau doa memandikan jenazah karena aktivitas ini termasuk pada ibadah yang di anjurkan.

Niat Untuk Mayat Perempuan

نَوَيْتُ الْغُسْلَ اَدَاءً عَنْ هذِهِ الْمَيِّتَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla adaa an 'an hadzihil mayyitati lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari mayit (perempuan) ini karena Allah Ta'ala

Niat Untuk Mayat Laki-Laki

وَيْتُ الْغُسْلَ اَدَاءً عَنْ هذَاالْمَيِّتِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla adaa an 'an hadzihil mayyiti lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari mayit (laki-laki) ini karena Allah Ta'ala

Dalam hal mengurus jenazah bukan hanya ini saja yang mesti di fahami tetapi seputar niat shalat jenazah pun harus di ketahui, karena pasti akan sering di lakukannya, mengingat kematian ini akan temui oleh semua rang dan hampir setiap harinya ada orang yang meninggal.