Doa Sebelum Mau Dan Sesudah Makan Minum Orang Islam Arab Beserta Artinya Lengkap

Doa Sebelum Dan Sesudah Makan - Tidak bisa di ragukan lagi bahwa umat islam adalah manusia terbaik yang ada di muka bumi ini, sebab segala sesuatu yang di lakukan sehari-hari di atur dengan sebaik mungkin bahkan hal terkecil apapun tidak lepas dari sebuah aturan yang sangat benar contohnya saja saat mau makan. Dalam keseharian makan menjadi aktivitas orang-orang yang pasti di lakukan lebih dari satu kali, bahkan di anggap sebuah hal mudah untuk di kerjakan.

Akan tetapi meskipun makan merupakan pekerjaan yang umum bukan berarti tidak memiliki aturan dalam pelaksanaannya mulai dari adab sebelum hingga sesudah makan misal salah satunya dengan membaca doa. Aturan seperti ini tidak hanya terdapat saat makan saja tetapi juga berada dalam aktivitas lainnya seperti ketika mau tidur harus membaca dulu doa tidur atau sebelum pergi untuk bekerja, naik kendaraan, masuk masjid dan lain sebagainya.

Untuk adab atau kesopanan ketika sebelum atau saat makan sebenarnya sangat sederhana sekali bahkan yakin anak kecil pun bisa melakukannya, akan tetapi mungkin orang-orang belum tahu sehingga tidak banyak yang melakukannya. Di antara adab saat makan seperti membaca basmalah terlebih dahulu, berdoa sebelum dan nantu sesudahnya, menggunakan tangan kanan, memulai suapan dari punggir piring misalnya, tidak makan berlebihan, sambil duduk, tidak boleh mencela apa yang di makan, dan lain sebagainya.

Doa Sebelum Mau Dan Sesudah Makan Minum Orang Islam Arab Beserta Artinya Lengkap

Sedangkan untuk masalah doa sebelum atausesudah makan menjadi sebuah hal penting yang harus di bacakan, sebab selain doa mencerminkan ketundukan juga merupakan bukti syukur terhadap semua rezeki yang akan di atau sudah di makan dan tentunya memohon keberkahan pada makanan tersebut. Jadi wajar saja jika anak-anak sejak kecil sudah di ajarkan doa ini karena memang sangat penting sekali untuk di pahami.

Doa Sesudah Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu lillahi ladzi ja'alahu adzban furootam birohmatihi wa lamyaz'alahu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Doa Sebelum Makan

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma baarik lanaa, fiimaa rajaktanaa, waqinaa 'adzabannaar

Artinya : Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillahil ladzi at'amanaa wa syaqona wa ja'alanaa muslimin

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Perasaan kami sangat yakin bahwa semua orang dewasa sudah sangat paham pada doa makan di atas, akan tetapi anak-anak belum tentu memahaminya, maka dari itu cepatlah ajarkan mereka hingga benar-benar mengetahuinya dengan lancar. Sebelumnya kami mohon maaf apabila memang pembahasan ini kurang memuaskan, sekarang silahkan palajari semua yang bersangkutan dengan doa sebelum mau dan sesudah makan minum orang islam arab beserta artinya lengkap tidur belajar masuk kamar mandi mp3 sahur kurma dan lain sebagainya.