Peristiwa Penting Bersejarah Dalam Bulan Muharram

Peristiwa Penting Bersejarah Dalam Bulan Muharram - Muharram merupakan salah satu awal bulan dalam hitungan tahun hijriyah atau populer juga dengan sebuan tahun baru islam. Penamaan muharram sendiri di ambil dari bahasa arab yaitu محرّم yang maksudnya di haramkan untuk melakukan peperangan atau pertumpahan darah dan sebagainya. Tetapi sejak pembukaan makah umat islam mulai di perbolehkan lagi melakukan aktivitas peribadahan dan kesehariannya tanpa terikat lagi dengan aturan tersebut.

Selain memiliki berbagai sejarah berharga sepanjang perkembangan islam, Bulan muharram ini juga termasuk bulan yang agung atau mulai bahkan di sebut dengan bulannya allah. Karena itu di anjurkan kepada semua muslim untuk lebih memperbanyak berbagai amal soleh dan kebaikan seperti shodaqoh, membantu fakir miskin serta amalan-amalan lainnya yang sering di laksanakan di bulan lainnya.

Bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pahala besar maka perbanyak ibadah di bulan ini sebab termasuk waktu yang di unggulkan selain ramadhan salah satu buktinya yaitu di perintahya puasa bulan muharram asyura dan tasu'a yang mana bagi melaksanakannya akan di berikan sebuah hadiah sangat besar sekali yaitu di hapusnya dosa-dosa kecil selama setahun yang lalu.

Peristiwa Penting Bersejarah Dalam Bulan Muharram

Hal lain yang membuat bulan muharram ini di agungkan serta sangat di sepesial yaitu terdapatnya 20 peristiwa penting yang begitu bersejarah di bulan muharram ini yang mana hal tersebut menyangkut dengan perkembangan agama islam di dunia ini, dan berikut adalah kisah di antaranya.

1. Allah menjadikan Malaikat Jibril
2. Nabi Ayub dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritainya
3. Hari pertama Allah menurnkan hujan
4. Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam
5. Nabi Isa diangkat ke langit.
6. Nabi Adam bertaubat kepada Allah
7. Hari pertama Allah menciptakan alam
8. Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama 6 bulan
9. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa
10. Allah menjadikan Luh Mahfuz
11. Hari Pertama Alllah menurunkan rahmat
12. Penglihatan Nabi Yaakob yang kabur dipulihkkan Allah
13. Nabi Sulaiman dikurniakan Allah kerajaan yang besar
14. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara
15. Allah menjadikan ‘Arasy
16. Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit.
17. Allah menjadikan alam
18. Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari tentera Firaun
19. Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah
20Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud

10 Muharram – Dinamakan juga hari “Asyura” pada hari itu banyak terjadi peristiwa penting yang mencerminkan kegemilangan bagi perjuangan yang gigih dan tabah dari menegakkan keadilah dan kebenaran.
1 Muharram – Khalifah Umar Al-Khattab mula membuat penetapan kiraan bulan dalam Hijrah.

Itulah di antara peristiwa bulan muharram yang sepatutnya di ketahui oleh semua umat muslim sebab sejarah ini bisa menjadi sebuah pemahaman yang bisa mendorong kecintaan seseorang terhadap agama islam ini. Serta bisa menjadi salah satu hal yang bisa menguatkan iman dan ketaqwaan setiap hamba kepada sang penciptanya allah swt.