Kapan Berapa Hari Puasa Bulan Rajab Tahun 2019 Jatuh Pada Tanggal

Kapan Berapa Hari Puasa Bulan Rajab Tahun 2019 Jatuh Pada Tanggal - Dalam menentukan awal dan akhir bulan, negara indonesia yang sebagian besar di huni oleh umat islam maka memakai dua ketentuan pertama kalender masehi yang menjadi tanggal nasional dan yang kedua hijriyah yang hanya di gunakan oleh umat muslim dalam menentukan pertanggalan ibadah dan hari besar. Kedua jenis kalender tersebut memiliki ketentuan tanggal yang berbeda misal apabila masehi sudah jatuh pada tanggal 9 sedangkan hijriyah masih tanggal 5 dan seterusnya.

Sehingga dengan adanya perbedaan tersebut membuat sebagian masyarakat merasa bingung terlebih lagi kalender hijriyah tidak di miliki semua orang berbeda dengan masehi. Sedangkan ketika akan melakukan peribadahan yang di tentukan waktunya seperti puasa rajab tidak bisa mengikuti penanggalan masehi sebab harus dan wajib sesuai dengan tanggal hijriyah sebagai kalender sah umat islam dalam menentukan berbagai hal termasuk penggalan-penanggalan untuk beribadah dan hari raya serta awal dan akhir tahun.

Maka oleh karena itulah sekiranya kami di sini ingin sedikit membantu untuk memberikan informasi yang berkaitan apalagi jika bertujuan untuk beribadah. Apabila melihat pada kalender hijriyah yang sudah banyak beredar di masyarakat maka Awal Bulan Rajab Tahun 2019 1440 H Jatuh Pada Tanggal 08 Maret Hari Jum'at sehingga mulai dari tanggal 1 hari tersebut sudah bisa di mulai melaksanakan puasa sunnah bulan rajab.

Kapan Berapa Hari Puasa Bulan Rajab Tahun 2019 Jatuh Pada Tanggal

Memang tidak bisa di pungkiri, penanggalan hijriyah yang berbeda dengan masehi, sering membuat banyak orang bingung, kapan dan tanggal berapa hari ini jika pada penggalan hijriyah. Mungkin apabila hanya dalam sehari-hari tidaklah menjadi permasalahan akan tetapi susahnya jika sudah tiba pada waktu tertentu untuk beribadah baik yang di sunnahkan atau yang di wajibkan. Dan biasanya kebingungan seperti ini banyak di rasakan oleh umat muslim yang berada di daerah-daerah.

Sebelum pada pembahasan penutup alangkah baiknya mengingatkan terlebih dahulu seputar keutamaan dan keitimewaan dari puasa sunnah di bulan rajab. Sebagaimana telah di maklumi bersama bahawa terdapat salah satu hadits atau dalil yang menganjurkan untuk berpuasa di bulan haram, dan rajab adalah salah satunya. Dan siapa saja yang bisa melaksanakannya maka baginya pahala yang luar biasa, maka dari itu mari kita sambut bulan ini dengan amalan puasa termasuk doa dan yang lainnya.

Sebenarnya masih luas lagi pembahasan yang berkaitan dengan puasa rajab 2019 termasuk bagaimana hadits dan dalil mengenai ibadah sunnah ini. Oleh karena itu alangkah baiknya jika tidak terpaku di sini saja tetapi cari lagi pembahasan lain yang telah kami perjelas secara lengkap pada artikel lain. Silahkan cermati dengan baik terutama yang ada hubungannya dengan kapan berapa hari puasa bulan rajab tahun 2019 jatuh pada tanggal keutamaan, manfaat bacaan niat dan lain sebagainya.