Hari Raya Lebaran Haji Idul Adha 2018 1439 H Jatuh Pada Tanggal Bulan Apa?

Dalam menyikapi ketentuan jatuhnya tanggal hari raya idul adha, pihak kemenag kementrian agama indonesia yang di dukung oleh para kiyai dari berbagai ormas keagamaan serta para ahli khusus di bidangnya, akan langsung turun ke lapangan guna melihat perkembangan hilal sehari sebelum bulan dzulhijjah, yang kemudian nanti hasilnya akan di umumkan kepada masyarakat melalui sidang isbat yang di siarkan langsung lewat berbagai chanel televisi serta media sosial pada tanggal 1 dzulhijjah.

Memang dalam menentukan datangnya hari raya idul adha berbeda dengan idul fitri di mana pada hari raya idul fitri pemerintah atau pihak kemenag tidak bisa menentukan jatuhnya hari lebaran dari awal bulan, melainkan sehari sebelum hari raya itu datang. Berbeda dengan idul adha yang sudah bisa di ketahui sejak awal hari apa dan kapan serta bulan apa akan jatuhnya. Yang membedakannya yaitu karena idul fitri berada di awal bulan sedang idul adha berada di pertengahan yaitu pada tanggal 10 dzulhijjah sehingga cukup menentukan tanggal 1 saja.

Bahkan dengan adanya penentuan idul adha sejak tanggal awal, justru memberi keuntungan bagi umat islam yang ingin mengisi awal bulan dzulhijjah dengan berbagai amalan sunnah misalnya puasa arafah pada tanggal 9 dan tarwiyah pada tanggal 8 nya. Sebagai mana telah di ketahui bersama bahwa 10 hari pertama bulan dzulhijjah sebelum idul adha, menjadi hari-hari yang penuh dengan keunggulan apabila di jadikan sebagai waktu untuk memperbanyak ibadah sunnah bahkan selain dari puasa hari arafah dan tarwiyah.

Hari Raya Lebaran Haji Idul Adha Jatuh Pada Tanggal Bulan Apa

Kembali pada pokok pembahasan judul, apabila melihat dari sisi kalender hijriyah yang sudah banyak beredar di masyarakat, maka Lebaran Haji Idul Adha 10 Dzulhijjah untuk Tahun 2018 Jatuh Pada tanggal 22 Agustus Hari Rabu. Namun kendati demikian seperti pada pembahasan di atas, alangkah baiknya jika menunggu terlebih dahulu bagaimana dan kapan idul adha di laksanakan sesuai kabar dari pihak kemenag.

Keluar dari hasil rukyatul hilal yang di lakukan puhak kemenag, maka tidak menutup kemungkinan jika dari sebagian golongan umat islam ada yang menentukan tanggal jatuhnya idul adha dengan cara hisab atau perhitungan. Maka dari itu jangan heran dan tidak perlu gaduh apabila terjadi perbedaan sebab masing-masing pihak memiliki dasar hukum yang kuat. Tapi alangkah baiknya jika kita mengikuti pihak kementrian agama indonesia saja.

Itulah sedikit dari informasi idul adha 2018 mudah-mudahan bermanfaat khusunya bagi masyarakat yang merasa penasaran ingin mengetahui kapan atau hari apa leran tersebut akan di laksanakan. Jangan hanya berhenti sampai di sini saja silahkan cari juga semua info yang berhubungan dengan hari raya lebaran haji idul adha 2018 jatu pada tanggal bulan apa pengertian indonesia kalender dzulhijjah muhammadiyah, nu, eid ul date, india, uk, uea, kuwait, qatar dan yang lainnya.